Panduan Cara Membeli Produk di LAzAdA

27 Aug 2014

Dikarenakan adanya pertanyaan yang berikan dari seorang pembaca di forum GTJ, pembaca tersebut menanyakan apakah di indonesia kita dapat belanja online di lazada.co.id? dan ada sebuah komentar lain yang mengatakan Bukannya lazada.co.id cuma untuk US? dengan kata lain untuk Indonesia tidak dapat.

Panduan Cara Membeli Produk di LAzAdA

Tujuh tahun sudah penulis menjadi pelanggan dari lazada.co.id. Khususnya di lazada.co.id penulis biasa membeli CD atau DVD musik classic seperti Luciano Pavarotti, Andrea Bocelli, Josh Groban, Il Divo, Sarah Brightman, dsb.

Meskipun hampir semua barang disediakan di situs tersebut, namun tidak semua barang dapat dikirim ke luar Amerika. Tentunya untuk barang-barang yang berukuran besar, berat dan mewah, seperti barang elektronik (kecuali handycam, laptop, camera digital), peralatan pertanian atau perkebunan, perabot rumah/kantor, dan lain-lain tidak dapat dikirim ke luar Amerika. Uniknya piringan PS3 juga tidak dapat. Tidak tahu mengapa, padahal format dan beratnya relatif sama dengan DVD, maupun Blu-ray Disc.

Saat pertama kali penulis mencoba untuk transaksi dengan pembayaran menggunakan kartu kredit, banyak pembaca mengatakan bahwa kartu kredit dari Indonesia tidak diterima untuk transaksi internasional seperti itu. Namun ternyata setelah penulis buktikan sendiri, hal itu tidaklah benar. Bahkan hingga menjelang di tahun ke-delapan, tidak pernah ada kendala satu kalipun dalam transaksi di lazada.co.id.

Berdasarkan pengalaman pribadi selama ini, berbelanja selangkah di lazada.co.id cukup menyenangkan. Service-nya cepat dan bagus. Ketika kita memilih sebuah judul album, selangkah otomatis lazada.co.id akan memberi informasi dan menawarkan kepada kita sejumlah judul album dengan jenis yang sama dengan musik yang kita pilih itu, atau berdasarkan artis atau penyanyinya.

Kalau kita melakukan pre-order, maka ada jaminan bahwa harga yang ditawarkan itu tidak akan naik, meskipun ketika jadwal rilisnya tiba harganya naik. Sebaliknya, kalau harganya turun, yang dipakai adalah harga termurah saat jadwal rilisnya tiba. Keren kan?

Ketika transaksi sudah kita lakukan, maka kita akan mendapat konfirmasi via e-mail tentang rincian transaksi tersebut. Apa yang kita beli, berapa jumlahnya, berapa biaya totalnya termasuk ongkos kirimnya, dan kepada siapa paket tersebut kita minta dikirim. Hal ini penting bagi kita untuk melakukan pengecekan terhadap kebenaran transaksi tersebut.

Oh ya, perlu diketahui beberapa waktu yang lalu lazada.co.id hanya dapat mengirimkan barang berupa buku atau CD/DVD ke indonesia tapi sekarang lazada.co.id sudah mendukung pembelian dan pengiriman barang ke banyak negara di dunia dengan adanya Amazon International Shipping. Di Amazon International Shipping kita telah difasilitasi untuk mengimpor barang dari US sana sehingga kita tidak akan dikenai biaya impor lagi dari bea dan cukai indonesia.

Bagaimana dengan langkah pengirimannya? Terdapat tiga pilihan jenis langkah pengiriman berdasarkan jangka waktu pengiriman sampai dengan perkiraan waktu penerimaan barang, yakni:
1. Standard International Shipping - 17 s.d. 26 hari kerja
2. Expedited International Shipping - 5 s.d. 10 hari kerja
3. Priority International Courier - 3 s.d. 6 hari kerja

Pilihan yang pertama dan yang kedua untuk di Indonesia menggunakan jasa PT. Pos Indonesia. Sedangkan pilihan ketiga, biasanya menggunakan jasa kurir internasional, seperti FedEx atau DHL. Semakin cepat jangka waktu pengirimannya tentu makin mahal pula ongkos kirimnya.

Pada setiap transaksi yang kita lakukan selalu diinformasikan tentang perkiraan waktu penerimaan barang sesuai dengan jenis langkah pengiriman yang kita pilih. Hebatnya, perkiraan waktu penerimaan tersebut relatif akurat meski terkadang meleset tapi biasanya tidak lebih dari 7 hari kerja.

Kita juga dapat memantau perjalanan paket kita itu melalui website lazada.co.id. Mulai dari waktu pengepakannya, pengirimannya dari Amerika, paket kita itu sudah ada di mana, dan tahapan proses apa sudah masuk Indonesia? Sudah diproses Bea Cukai? Dan seterusnya. sampai akhirnya kapan kita telah menerimanya. Atau juga melalui website Pos Indonesia online dan berstatus sebagai Kiriman Tercatat Luar Negeri.

Sebagaimana semua barang yang masuk dari luar Indonesia, paket-paket kita yang dari lazada.co.id ini juga harus melalui pemeriksaan Bea dan Cukai. Biasanya paket itu dibuka untuk diperiksa isinya, kemudian dibungkus kembali. Kalau nilai barangnya tidak melewati batas nilai tertentu dalam rupiah, tidak ada biaya tambahan, kecuali membayar biaya bungkus kembali sebesar Rp7.500 per paket.

Yang tidak lazim di Indonesia, tapi ada di lazada.co.id, yakni barang yang sudah dibeli masih dapat ditukar atau dibatalkan. Bahkan untuk yang sudah telanjur dikirim pun masih dapat dikembalikan, tentunya dengan disertai alasannya.

Pernah satu kali penulis mengembalikan Video yang penulis terima. Ketika itu tidak tahu mengapa Video yang penulis beli tidak dapat dimainkan/diputar di player penulis. Maka penulis langsung cepat-cepat kirim kembali. Ternyata dapat diterima, dan uang penulis dikembalikan dalam bentuk transaksi di kartu kredit yang penulis pakai untuk membayar Video tersebut http://paypal.camsh.com/lazada/.


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post